Backpacker to Dieng - Gombong Part ONE

Setelah perencanaan yang begitu panjang, bertele-tele, dan sangat matang, akhirnya gue dan temen-temen gue jadi pergi dengan modal nekat ke Dieng + Gombong. We called ourselves as mangkat naw. Gatau kenapa, cuma pengen aja.

Awalnya, kita mau berangkat tanggal hm 18 - 22 July and it was to Gombong - Jogja, bukan Dieng - Gombong. Namun karena kita adalah mahasiswa tingkat akhir yang memegang prinsip "mahasiswa berencana, dosen yang menentukan", jadinya kita re-schedule tiket dan berubah ke tanggal 26 - 30 July 2016 gara-gara Tugas Akhir belom kelar padahal deadline nya tanggal 25. Destinasinya juga diubah karena kehabisan tiket dan juga yang sisa tinggal tiket mahal untuk rute PSE - LPY, makanya kita ganti ke PSE - Purwokerto. Jadi........ inilah anak mangkat naw.

Left to Right ; Roby - Almas - Ismi - Wullan - Tika (moi self) - Ekki
Perjalanan dimulai dari PSE menuju PWT jam 09.00 WIB, kita kumpul sebelum jam 9 ya walaupun ada yang jam karet dikit. Gue sendiri dianterin yangbeb ke St. Pasar Senen. Biasa, ada rasa-rasa kehilangan gitu ditinggal 5 hari ke luar kota padahal kalo ada di dalam kota suka dikacangin gitu deh. Ups ke bold. Ke underline pulak.
Kita naik KA Serayu Pagi. Iya, yang murah itu, cuma 67k! Iya, yang ke Purwokerto aja udah kayak dari Senen ke Malang naik kereta api sampe hampir 11 jam sist. Tapi gapapa, ada harga, ada kuantitas (?)
Anyway, setelah 11 jam di kereta dengan perbekalan yang seadanya, akhirnya sampai juga di Pwt dengan selamat tanpa kekurangan suatu apapun. Kita keluar dari kereta sambil bilang, "akhirnya 11 jam selesai juga ya", kemudian goler-goler di tanah saking rindunya dengan alam bebas #lebay #bodoamat

Kita dari awal udah nyewa mobil, mobil Xenia tanpa supir buat dipake jalan ke Dieng. Karena kita pengen ke Sikunir, liat golden sunrise yang fenomenalnya ngalahin mie s*daap curry itu. Thank God for my Almas yang punya koneksi sejagad raya. Kebetulan dia punya temen di PWT yang bisa nolongin anter kita ke Dieng, ga pake dibayar pulak. Cuma karena kita anak-anak tahu  bulat diri, makanya kita sekalian bayarin Mas-nya dan teman mas-nya makan, minum, dan masuk ke area liburannya. Sewa mobilnya murce, 300k seharian sampe mabok, bensinnya PWT - Dieng - Gombong juga cuma hm 200k kalo ga salah ya. Jadi total mobil, cuma 500k.

Dari St. PWT kita langsung tancap gas ke Sikunir dan mutusin buat tidur di mobil aja, karena anak-anak hemat macam kita tidak bisa mengeluarkan uang buat hal yang ga penting macam nyewa penginapan buat sekedar beristirahat atau bersih-bersih. Jadi kita bersih-bersih dan sholat di Stasiun setelah itu berangkat ke destinasi pertama, Bukit Sikunir. Well sebelumnya makan dulu sih di angkringan sekitaran stasiun, I spent like 20k to eat and drink.

It took like 2-3 hours buat sampai ke bukit sikunir dari stasiun. Sekitar jam 12 atau 1 kita sampai di TKP. Kita tidur sejenak sambil nunggu jam yang pas buat naik ke atas. Biasanya naik ke atas jam 4an gitu, biar pas sampe bisa nyari spot yang enak buat liat sunrise. Selain itu biar ga terlalu lama nunggu, karena coy, suhunya dingin pisan. Mulut bisa berasep kayak lagi di Oppa-oppa di K-drama lagi ngobrol pas musim dingin. Jadi I highly recommend you, buat bawa persiapan baju tebel setebel duit di dompetnya Aurel. Kalo bisa malah lebih tebel. Plus kupluk. Plus sarung tangan. Ohya, senter juga! Karena jalan setapak ke atasnya itu gelap terus tangga licin gitu, jadi lumayan buat menerangi hatimu yang kelam. Selain itu, Roby dengan pintarnya bisa lupa ga bawa jaket padahal pengen ke Dieng. Ya gitu, mungkin anak swag ga takut dingin.

Jam 4 kita naik ke atas. Naik ke atasnya lumayan bikin engap. Gue sih engap. Secara olahraga ga pernah, udah gitu kadar oksigen di dataran tinggi itu cukup rendah #saik. Ya kalo jalan pelan dan berhenti-berhenti, mungkin bisa makan waktu sekitar 30 menit buat sampai ke atas. Cuma perjuangan kalian worth it kok, karena ga setiap hari kalian bisa liat sunrise seindah dan semegah ini.

Udah gitu disuguhi view gunung juga. Shadizt.
On da way down.
Dat view.
Itu yang megang GoPro sama yang jangkung dibelakang adalah temannya Almas.
Tengkyu masnya..

Puas dengan Bukit Sikunir, kita lanjut melancong ke destinasi berikutnya. Yaitu.. Batu Ratapan Angin. A place where you can see Telaga Warna from up high! Tjakep. Tsadest.
Sebelum itu..... kita lewatin desa tertinggi di Pulau Jawa nih bruh.

Desa Sembungan!
Di Batu Ratapan Angin per orang dikenakan biaya masuk 10ribu. Rata-rata emang segitu sih kalo destinasi wisata di Dieng. Sedangkan mobil sendiri dikenakan biaya parkir 10 ribu juga. Tapi gapapa deh, ga setiap hari ini kan main ke Dieng.
Ke Batu Ratapan Angin juga perlu jalan kaki buat naik ke atas. Cuma ya ga setinggi pas naik kayak ke Bukit Sikunir. Kalo setinggi itu juga ku lebih milih buat stay di mobil aja, ga kuadh :'))

"TA gue kok ga di tandatanganin juga ya? Revisi kapan kelar?"

Iklan sampo. Ihik. Such a good view kan, apalagi ada guenya.

TJAKEP KAN GUENYA?! Main-main lah ke Dieng. Biar ga kalah saing sama eyke.

OKAY! Selanjutnya kita pergi ke Kawah Sikidang, dipanggil Sikidang karena Uapnya suka lompat-lompat kayak Kijang. Ahzeg. Disini juga bayar HTM 10k, cuma tiket parkirnya 5k doang. Cuma kawah-kawah yang keluar uap gitu aja sih. Bau belerang ofkroz. Makanya yang ga kuat bawa masker aja ya kalo mau main-main ke sini. Terus yang mau beli Carica, Kentang Merah, dllnya disini juga banyak. Karena depannya ada semacam pasar gitu, terus disepanjang jalan ada yang jual cemacem.

Tiap foto sibuk pegang itu tongkat. Karena ada mbak-mbak yang dimintain tolong foto engga mau.
Baru kali itu gue digituin. Super-ga-ramah.

Welcome to Dieng! What a view!
Kita ga lama di Sikidang, karena mata yang udah pada merem melek, dan juga perut yang mulai keroncongan. Secara dari pagi cuma makan roti sobek serta gorengan mendoan yang ajib banget rasanya pas di Sikunir. Gorengan disitu harganya 1k/bijik. Tempenya kechils, yang bikin gede cuma bumbu tepungnya. Tapi lumayan lah, daripada lumanyun.
Kita sempet lewatin beberapa candi gitu, cuma karena udah capek juga, jadi kita memutuskan buat makan Mie Ongklok aja terus caw ke Gombong.

Mie Ongklok khas daerah situ. Plus Sate daging Sapaayyy!

Mie ongkloknya murah, cuma IDR 7500, yang mahal satenya. Sekitar 10k buat 5 sate. Rasa mienya manis, manis, dan manis. Bukan gue banget. Tapi enak sih #labil. Banyak banget daun bawang atau sayuran-sayurannya di dalem, jadi bagi yang ga suka disarankan pas pesan dibilang dulu. Daripada situ ga jadi makan, ye kan.. Ada mendoannya juga tuh. Tapi mendoannya harganya beda lagi, mb mz. Kalo ga salah 500/bijik. Lumayan mengenyangkaaaaaaaan!

Kita pun berangkat ke Gombong setelah selesai makan. Jujur aja, gue ga banyak tau perjalanan ke Gombongnya kayak gimana. Karena gue tidur... hehe.
Tapi ga lama, kayak cuma 2-3 jam doang. Kita sampai di Gombong sekitar jam 4. Nginep di rumah mbahnya Almas, karena basically dia emang dari sana. Kita beres-beres, mandi, masuk ke kamar masing-masing, terus ngobrol-ngobrol sama mbahnya Almas. Awalnya pengen jalan-jalan lagi di Gombong karena lumayan banget sisa waktu mobilnya. Cuma karena energi udah terkuras selama di kereta, jadinya kita ga kemana-mana. Perjalanan dilanjutkan besok.

Mobilnya sendiri dianter balik ke PWT sama Mas Reza dan temannya. Couldn't thankyou enuff masnyah.

Jadi setelah dihitung cost yang keluar selama di Dieng 1 hari adalah.......
Mobil + bensin        = 500k/6 orang = 85k
Makan angkringan  =  20k
Tiket masuk 3 tempat = 30k
Parkir = 25k/6 orang = 5k
Mie Ongklok = 22k
Gorengan di Sikunir = 10k (ini sih emang gue nya aja yang mau beliin buat mantemans)
Totalnya per orang = 172k. Ya dibuletin aja ya jadi 200k.

Buat yang mau nginep, banyak kok homestay sekitaran Dieng Plateau. Jadi jangan khawatirrrrrrr, cari aja di google, bereretan deh pasti.

Part II di Gombong lanjut di Post Berikutnya! SMOOOOOOOOCCCCCCHHH

Popular posts from this blog