Trip to Gombong (Backpacker to Dieng - Gombong)

Here's another story of my trip! Masuk ke Day 3, bruhsizt.

Jadi hari pertama di Gombong dihabiskan dengan jalan-jalan ke Mangrove nya Gombong, Di Jakarta ada mangrove kok di daerah PIK, cuma menurut gue di Gombong lebih alami aja. Masih natural.
Sebenernya Gombong itu indah, cuma sayang aja, susah banget nyari rental kendaraan. Kita aja empot-empotan nyari motor. Akhirnya dapet juga sih, motornya Almas, motor pacarnya Almas, motor buliknya Almas. Almas semua ya? Iya, secara liburan kali ini disponsori oleh Almas. YIHAAAAA~~~

Berangkat dari rumah sekitar jam 10 kurang, setelah mandi dan sarapan yang lagi-lagi gratis, kita jalan ke mangrovenya Gombong. Mangrovenya ini dekat sama Pantai Ayah, cuma kita ke Mangrove nya aja. Karena Almas ada acara lain yaitu rapat Kebumen Mengajar, terus motor buliknya Almas juga harus dikembalikan pas siang-siang karena mau dipake buat jemput anaknya dari sekolah. Tapi bisa dipinjem lagi kalo beliau udah selesai jemput anaknya. Yowes, rapopo. Sing penting kita bisa kuy, udah lama aja ga kuy.

Dari rumah mbah Almas ke mangrove ditempuh sekitar 1setengah jam. Disini htmnya pertama pas masuk wilayah pantai Ayah, sekitar kurang dari 5k. Terus pas mau keliling mangrovenya bayar lagi, 25k kalau ga salah. Sebenernya ada yang lebih murah, sekitar 15k. Bedanya yang 25k bisa buat muter-muter pakai kaki sama pakai kapal. Sedangkan yang 15k, cuma bisa pakai kaki doang, gabisa muter pakai kapal. Karena ga bakal tiap hari kesini, kita milih yang 25k, biar sekalian bisa ngiterin pakai kapal. Mwehehehehe.

Jadi untuk sampai ke spot mangrovenya, kita dianter pakai kapal dulu. Terus bisa keliling mangrove sambil jalan kaki atau bisa juga dengan naik kapal. Mau keduanya? Boleh! Bayarnya aja yang lebih mahal. Ohya! Karena terik banget, disarankan buat bawa topi kalo yang takut kulitnya iteeeeeeem. Sangat disarankan.

Berikut adalah view yang bisa dilihat di Mangrovenya Gombong. Jangan dibandingin sama yang di PIK ya, karena masing-masing tempat punya pesonanya masing-masing #SHADIZT

Bener masih natural kan?

"Kak, foto kayak anak jaman sekarang yuk" - Ismi
Jalan setapak buat ngelilingin mangrovenya sendiri cuma dari kayu-kayu itu aja. Ga ada pegangan sama sekali. Jadi kalau kalian jalan kesini, pegangannya sama akar-akar mangrove nya aja. Jangan pegang tangan orang lain, apalagi tangan pacar orang. Uhuk.

Disitu juga ada post yang multifungsi. Bisa buat nongkrong-nongkrong cantik.
Bisa buat ngemil-ngemil. Atau nunggu perahu buat jemput.
Ada yang unik di Mangrove iniiiih. Ditengah-tengahnya dibikin bangku sama tempat tidur gantung macam di pantai gituh.

Roby merasa jadi orang paling swag kalo gayanya begini..

Silau sih, tapi gapapa, yang penting eksis.

Karena masih under construction, jadi belom banyak yang bisa dilihat. Mungkin kalau udah selesai hasilnya bisa lebih ciamik. Ohya, kalau ini perjalanan pas keliling pakai perahu. Cuma sebentar ternyata, paling sekitar 5-10 menit.

Ya begitulah. Anak alay kalau ketemu kamera dikit bawaannya foto terus. Maafin kita ya..
Akhirnya kita pun pulaaaaaaaaaaaang.
Foto dulu sebelum pulang!
Cukup lama kita istirahat di rumah Almas. Karena kita nunggu Almas kelar rapat dulu. Sekitar jam 4, baru deh Almas pulang.Perjalanan pun lanjut ke Waduk Sempor. Waduk yang super luas. Jalan ke sana dari rumah Almas juga ga terlalu lama, cuma sekitar 1 jam lah ya., Jadinya sampai sana jam 5, dan cantiiiiiiiiiik banget pemandangannya. Ya walau jalan yang ditempuh ga semulus paha JKT 48.
Disana kita makan mendoan yang porsinya segede gaban plus ngeteh dan ngopi cantiq dipinggir waduk, dan btw uang masuk gretongggggs. Disini kita ga banyak ambil foto sih, selain si Alay Roby yang suka sok candid dan hasilnya fail semua, karena sibuk liat pemandangan, sibuk makan, dan hujan datang. Makan dan minumnya pun bisa dibilang uhset murah pisan, 35k udah bikin kenyang. Dapet mendoan 5 piring dan teh anget 5 gelas serta 1 gelas good day.
Ini yang namanya Waduk Sempor

Sampe sekarang ga ngerti maksud fotonya apa.
Btw, gede banget kan mendoannya! Sampe tumpeh-tumpeh.

Diperjalanan pulang pun kita habis terguyur hujan. Basah parrrrrah. Sempet berhenti juga di mushalla ga jauh dari waduk, karena pada mau sholat sekalian neduh. Tapi pas neduh bukannya makin berhenti, malah makin deras. Jadinya mau ga mau kita hajar bae, daripada nginep disitu kan ga mungkin :') Selama di jalan, gelaaap banget jalanannya. Lampu bisa diitung deh ada berapa biji. Bahkan rumah penduduk sekitar aja ada yang ga nyala, cuma beberapa yang hidup. Gue sama Ekki (karena kita satu motor) sibuk ngegibah tentang rumah-rumah disana karena gelap pisan. Terus sama-sama nanya itu ada yang nempatin pekagak. Eh pas sampek ke rumah Almas, Almasnya cerita kalo dulu sempet ada kejadian horror di daerah situ. Percaya ga percaya sih, tapi yang ngalamin kakak pacarnya sendiri. Dan emang jalanannya gitu sih....... ngerti lah ya kalian haha.

Kita pun mandi, makan, dan tidur. Karena agenda buat besok adalah perjalanan yang super melelahkan ke Menganti dan Roemah Martha Tilaar.

Fri, July 29th 2016

Day 4 of 5 days dari liburan kali ini. Agenda hari ini ke Menganti, Pantai yang letaknya dibalik bukit. Kalau yang pernah nonton film The Hobbit nah persis deh kayak pantai ini. Sehabis itu, ke Martha Tilaar, nemenin Almas ngambil pohon buat SD yang didatangin sama Kebumen Mengajar.
Kita berangkat dari rumah jam 9. Almas udah wanti-wanti kalau jalanannya bakalan banyak nanjak dan turunan yang super waw. Ditambah motor kita udah tuir semua. Bahkan motor yang gue dan Ekki pake suka mati-mati sendiri, dan tiap mati harus dibuka tangki bensinnya. Gatau sih buat apa, tapi kata yang punya gitu. Kita mah ngikut aja.

Perjalanan ditempuh sampai kira-kira 2 jam. Pantat rasanya tepos, pegel parah, mana karena motor ga kuat nanjak, gue harus turun dan jalan kaki buat sampe ke atas. Indahnya. Ekki udah ngedumel, "kalo sampe ga bagus atau ga worth it, nyesel gue kesini". Atau "kita muter balik aja yuk, Sar. Pulang pulang".
Tapi pas sampai, dia sendiri yang paling heboh. Dasar pria, suka labil.
Penasaran sama view nya? Nih!

Ini view dari atas.
Pantainya masih cantik. Ibaratnya masih virgin, belum banyak orang yang dateng, kecuali emang orang asli situ. Sampah juga belom banyak, gue aja masih bisa nemu kepiting pasir sama keong.

Tiny Mr. Crab!
Ombaknya cantik. Banyak batu karang yang teguh, ga kayak pendirian kamu (?) Semuanya cantik deh! Persis kayak gue.

Sibuk sendiri-sendiri. Kayak ga pernah liat pasir.

Jagoan neon

"karena beberapa memori tidak cukup hanya disimpan dalam hati, tapi juga dalam memori kamera"
Karena perut yang mulai keroncongan, kita pun memutuskan buat pulang. Agar bisa makan siang dulu, selain itu juga biar ga kesorean sampe di Martha Tilaar-nya. Ohya, jangan lupa pake sunblock ya kalau ke sini!

Muka pada nahan silau.
Kalau pas berangkat sibuk dengan cara nanjaknya, pas pulang selain bingung dengan cara nanjak, bingung juga dengan cara turunnya. Karena rem blong, udah tau blong yang bawa motornya seenak jedul pulak. Untung ku sabar :')

Kita makan mie ayam pas di jalan pulang! Udah sore pas sampe situ, sekitar jam 3an. Mie ayamnya murcee, cuma sekitar 15k plus minum. Letaknya gajauh dari Martha Tilaar. Buat kalian yang gatau, di Martha Tilaar itu bukan tempat jualan produk Sariayu macem kosmetik atau sabun cuci muka. Jadi ini tuh rumahnya Ibu Martha Tilaar dulu, lebih kayak Museum sekarang. Selain itu disini juga dibuka tempat les buat anak-anak kecil. Pas disana, gue liat anak-anak kecil masih pada main petak jongkok. Kalo di Jakarta mah anak 5 taun mainannya udah iPad. So sad..

Di Martha kita ga ngambil foto apa-apa. Selain karena kita ga masuk ke dalem, kita juga sibuk nungguin Ekki nambel ban yang bocor. Mungkin karena jalan yang jelek plus beban yang ditanggung ban nya ya..

Sat, July 30th 2016

LAST DAYYYYY. I was like "OMG why does it have to end?!". Hari ini sebelum berangkat pulang karena kereta kita juga datengnya sore, kita jalan-jalan ke Benteng Van Der Wijk. Benteng yang hits karena dijadikan tempat syuting The Raid. HTM nya itu 25k. Bisa dipake buat ke wahana airnya juga, selain itu naik kereta diatas atap. Di hari terakhir ini kita gabawa kendaraan karena semua kendaraannya tidak available buat dipinjam. Akhirnya kita memutuskan buat jalan kaki walaupun jarak yang ditempuh sekitar 3km dan cuacanya cukup terik. Awalnya sih pada semangat, lama-lama pada ngedumel juga.

Yuk Selfie sama kuda dulu!
Pas lagi ke Benteng, pas banget ada syuting buat tv lokal kebumen. Dan pas banget juga kita yang dijadikan sebagai orang yang diajak muter-muter sekalian diliput. Emang deh aura hartiz gabisa diboongin.
entrance

Eyak pada ga siap. Ekki doang yang sadar kamera.
Suasananya gimana? Ya kayak bangunan lama gitu. Benteng. Kosong ga ada apa-apanya. Cuma di hall depan pertama kali kalian masuk bakal ngeliat bentuk awal benteng lewat foto-fotonya sama foto pas syuting film The Raid, Video Clip Slank, sama Farah Quinn lagi masak. Banyak deh.
Masuk ke dalemnya lagi bakal nemu lapangan gede. Disitu tuh bekas syuting The Raid.

The Raid KW

Prajurit Belande dulu mah megangnya pistol, jaman sekarang megang Action Cam :')
Mangkat naw minus Almas
Akhirnya ada juga yang mau dimintain tolong buat fotoin :')
Terus kalau naik ke lantai atas, bakal nemu lorong-lorong panjang gitu. Kosong semua. Ga ada isinya. Cuma di tiap masuk lorong dikasih tau ini ruangan bekas apa.

Begini contohnya
Terus kalau naik lagi ke atas....

Kalian bisa kelilingin atapnya benteng pake kereta. Gratis kok, tinggal tunjukkin aja tiket masuk kalian. Dulu katanya kereta ini dipakai buat mantau keadaan sekitar benteng sekalian bawa barang-barang. Relnya masih asli loh! Keretanya aja yang udah ga asli.

Pas lagi naik Kereta, Auk Ekki lagi ngapain di belakang.

Bisa jalan juga di atapnya. Naik aja, kuat kok ga rapuh kayak hatimu..
Yak, jadi seperti itulah jalan-jalan ke Gombongnya selama 3 hari. Kita pun pulang naik Kereta menuju PSE.
Stasiun Gombong + pacarnya Almas
Jalan-jalan yang super singkat namun cukup menghitamkan kulit pun selesai. Travelling itu ga mahal, asal ajak teman yang mau sama-sama diajak susah aja. Ada juga yang mahal sih walaupun udah dicoba ngepress budget, cuma gapapa. Uang bisa dicari, kenangan gabisa dibeli #SHADAP

See you on the next post!

Popular posts from this blog